Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Kayu Mahoni Berkualitas Baik

Pemahaman mengenai kayu mahoni adalah salah satunya tipe kayu ciri khas wilayah tropis. Tujuannya, kayu ini berasal serta cuma berada di beberapa daerah yang mempunyai iklim tropis misalnya ialah Indonesia.

kayu mahoni benar-benar terkenal terutamanya untuk banyak wilayah di pulau Jawa, disana, kayu ini diketahui jadi tipe kayu yang berharga komersial tinggi hingga beberapa orang yang membudidayakan serta diperjualbelikan pada pasar komoditas domestik.



Di pulau Jawa ini, persedian untuk kayu mahoni tak perlu dicemaskan karena banyaknya masih banyak, dari mulai yang masih berbentuk pohon atau yang telah berbentuk kayu yang telah dipotong atau diolah.

Sebab tipe pohon penghasil kayu ini mempunyai waktu perkembangan yang cepat yaitu kira-kira dalam periode waktu 7 sampai 15 tahun, pohon mahoni telah tumbuh besar serta bisa dipotong serta diambil kayunya. Ini jelas tidak sama dengan waktu perkembangan pohon jati atau pohon sonokeling yang mana perkembangannya memerlukan waktu yang lama.

Beberapa Ciri Ciri Kayu Mahoni Bermutu Baik Diantaranya: Pertama : lihatlah warna permuakaan kayu. Pilih kayu yang berwarna merah (betul-betul merah). Untuk kayu yang masih terbilang muda, umumnya warnanya merah muda atau merah pucat, anda harus jauhi kayu yang berwarna demikian karena gampang diserang rayap serta keluar bubuk (pemakaiannya kurang awet serta kurang kuat).

Ke-2: Lihat ukuran lebar kayu. Kayu mahoni yang baik ialah yang memiliki ukuran lebar, di sini anda sebaiknya pilih kayu mahoni dengan lebar minimum 35 cm atau bila sangat mungkin pilih kayu yang ukuran lebih lebar dari itu.

Ke-3 : lihat kepadatan serat serta pori-pori kayunya, makin padat bermakna makin baik. Karena, serat serta pori-pori yang padat akan membuat kayu itu jadi lebih keras hingga tidak gampang terlepas bila disekrup serta dipaku, disamping itu kayu yang keras lebih tahan pada serangan rayap.

Referensi : https://infoharga.id/