Jumat, 01 Desember 2017

Siapa Pencipta Lagu Apuse? Lagu Daerah Papua

Lagu Apuse merupakan sebuah lagu derah yang tidak hanya populer di pulau Papua saja, namun juga diseluruh penjuru Negeri. Lagu ini dijadikan sebagai lagu yang masuk pada pelajaran kesenian saat disekolah. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA diajari lagu Apuse yang jadi lagu kebanggaan rakyat Papua.

Lagu Apuse sendiri memang mempunyai irama yang indah dan sederhana, sehingga tak heran jika lagu ini langsung disukai oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang baru mendengar sekalipun.


 Meskipun, lagu Apuse menggunakan bahasa Papua, sehingga tidak semua orang mengeri akan artinya, namun kini makna lagu Apuse bisa kita cari melalui dunia maya yang mana banyak sekali referensi online bisa kita dapatkan untuk memahami makna lagu Apuse.

Berkat maknanya yang begitu mendalam dan menyentuh, dimana lagu daerah ini mengisahkan perpisahan antara kakek nenek dan cucunya yang akan pergi merantahu ke negeri sebarang untuk mencari masa depan yang lebih baik.

Adapun untuk informasi mengenai siapa pencipta lagu Apuse yang sebenarnya hingga sekarang ini masih belum diketahui pastinya. Namun yang pasti pencipta lagu Apuse ialah salah seorang masyarakat Jayapura, dan sayangnya tidak ketahui siapa nama jelasnya.

Akan tetapi pernah ada seseorang yang memiliki marga Mandosir mengaku bahwa lagu Apuse merupakan karya yang dibuatnya. Namun hingga sekarang masih belum ada kejelasan. Baca juga ulasan seputar not lagu apuse.


Meskipun siapa pencipta lagu Apuse belum diketahui secara pasti? Namun lagu ini jadi kebanggaaan tersendiri bagi rakyat Papua, karena lagu ini dinyanyikan oleh tidak hanya rakyat Papua saja, tetapi juga masyarakat di seluruh penjuru negeri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar