Kamis, 30 November 2017

Makna Kehidupan Lagu Gundul-Gundul Pacul

Dibalik lirik dan syairnya yang terbilang sangat sederhana, ternyata lagu Gundul-Gundul pacul memiliki makna kehidupan yang cukup mendalam. Dimana lagu daerah Jawa Tengah ini konon diciptakan oleh Raden Mas Said atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu anggota Wali Songo. Lagu ini diciptakan pada tahun 1400an dan memiliki makna kehidupan yang sangat dalam dan mulia.

Orang Jawa mengartikan gundul sebagai kepala plontos yang tidak memiliki rambut sama sekali. Dimana kepala sendiri adalah lambang kehormatan dan kemuliaan pada diri seseorang. Karena seperti yang dapat diketahui bahwa rambut menjadi mahkota lambang keindahan bagi kepala, tanpa adanya rambut kepala terlihat kurang indah. Jadi, dapat diartikan jika gundul merupakan kehormatan tanpa adanya mahkota.

Adapun untuk makna dari Pacul adalah cangkul yang mana pacul merupakan alat petani. Dimana pacul terbuat dari lempeng besi yang berbentuk segi empat. Sehingga, pacul merupakan lambang kawularendah, dan kebanyakan kawula ini adalah petani.

'Gundul pacul' sendiri memiliki arti bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukanlah orang yang diberi sebuah mahkota. Namun, dia sebagai pembawa pacul yang bertugas untuk mencangkul untuk memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Lihat juga informasi seputar not angka gundul gundul pacul.

Kebanyakan orang Jawa menyebut pacul sebagai 'Papat Kang Ucul' (empat yang lepas). Dimana kemuliaan pada seseorang tergantung pada 4 hal, yakni bagaimana menggunakan mata, telinga, hidung, dan mulutnya dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar