Jumat, 11 Agustus 2017

Electronic Banking, Online Banking dan Internet Banking

Electronic Banking, Online Banking dan Internet Banking - Electronic banking atau Electronic Fund Transfer atau EFT) menggunakan komputer dan teknologi elektronik sebagai pengganti cek dan transaksi kertas lainnya. Ini melibatkan banyak jenis transaksi. Anda dapat mengakses uang Anda melalui mesin teller otomatis (ATM), internet (Internet dan Online Banking), telepon (Bayar-melalui-Telepon) atau Deposito Langsung cek gaji ke rekening tabungan atau pengecekan.

Dengan internet banking Anda bisa melakukan transaksi melalui internet melalui website bank yang aman. Perbankan elektronik sangat berguna untuk perbankan di luar jam bank dan untuk perbankan dari manapun dimana akses internet tersedia.

Transfer Dana Elektronik (ETF's) biasanya dimulai melalui perangkat seperti kartu debit atau kode yang memungkinkan Anda mengakses akun Anda dengan aman. Banyak lembaga keuangan seperti bank dan credit unions menggunakan ATM atau kartu debit dan Personal Identification Numbers (PINs) untuk tujuan ini. Beberapa lembaga keuangan menggunakan bentuk kartu debit lain seperti yang memerlukan tanda tangan atau pindaian.

Electronic Fund Transfers (ETF's) menawarkan berbagai layanan kepada konsumen.

1. Perbankan Online (Internet Banking atau Personal Computer Banking)

Memungkinkan Anda menangani banyak transaksi perbankan menggunakan komputer pribadi Anda. Dengan akses internet dan komputer, Anda dapat melihat saldo akun Anda, meminta transfer antar rekening, dan membayar tagihan secara elektronik melalui internet. Perbankan online juga menawarkan fitur seperti pembayaran tagihan elektronik dan akses ke laporan bank yang dapat didownload yang dapat diimpor dalam program keuangan pribadi.

2. ATM atau Automated Teller Machines (24-jam Tellers)

Ini adalah terminal elektronik yang membiarkan Anda bank hampir kapan saja. Anda bisa menggunakannya untuk menarik uang tunai, melakukan deposit, atau mentransfer dana antar rekening dengan memasukkan kartu ATM dan memasukkan PIN Anda. Beberapa lembaga keuangan dan pemilik ATM membebankan biaya untuk layanan ini namun mereka diwajibkan untuk memberi tahu Anda bahwa mereka mengenakan biaya dan jumlahnya sebelum Anda menyelesaikan transaksi.

3. Direct Deposit Facility & Direct withdrawals

Deposito Langsung memungkinkan Anda mengotorisasi simpanan tertentu, seperti cek gaji dan cek Jaminan Sosial, ke akun Anda secara reguler. Anda juga dapat melakukan pra-otorisasi penarikan langsung sehingga tagihan rutin, seperti pinjaman pribadi, premi asuransi, hipotek, dan tagihan utilitas, uang sewa, dan sebagainya dibayar secara otomatis.

4. Bayar-Dengan-Telepon

Ini memungkinkan Anda menghubungi bank atau credit union Anda dengan instruksi untuk membayar tagihan atau mentransfer dana antar akun yang berbeda. Untuk melakukan transfer tersebut, Anda harus memiliki kesepakatan dengan institusi tersebut.

6. Transfer Point-of-Sale

Memungkinkan Anda membayar pembelian dengan kartu debit atau kartu ATM. Pembelian kartu debit mentransfer uang dari rekening bank Anda ke rekening toko.

7. Konversi Konversi Elektronik

Sistem PPOB ini mengubah pemeriksaan kertas ke pembayaran elektronik pada saat penjualan atau di tempat lain.

Layanan perbankan elektronik berbeda antara bank yang berbeda, credit unions dan lembaga keuangan lainnya. Jika Anda memutuskan ingin menggunakan electronic banking maka Anda harus berkeliling untuk mendapatkan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar